SEJENAK DI PULAU DOM RK 6, SORONG KEPULAUN.





PULAU DOM,, FOTO DI AMBIL DARI VIHARA KLADEMAK 2

Pulau Dom, sudah tidak asing lagi bagi warga masyarakat di lingkungan pemerintahan Provinsi Papua Barat. Pulau Dom, merupakan salah satu pulau bersejarah yang terletak di daerah administrasi pemerintahan kota sorong, Pulau Dom adalah salah satu pulau bersejarah di antara beberapa pulau yang berada di daerah administrasi daerah Sorong kepulauan.

Pulau Dom, berjarak sekitar 5 - 8 Menit menggunakan transportasi air perahu (Taxi Laut) dari daratan kota sorong dengan ongkos Rp. 5000/org. Ada pepatah yang sering di ucapkan oleh warga lokal yang berdomisili di kota sorong, katanya " Kalau Tidak Ke Pulau Dom, Belum Lengkap Perjalanan Anda Di Kota Sorong".


PULAU DOM, RK 6
Pulau Dom sendiri menawarkan banyak sekali, perjalanan, dan pengalaman-pengalaman menarik bagi setiap orang  yang datang untuk mengunjungi pulau ini, secara singkat saya akan menjabarkan hal-hal menarika apa saja akan di dapatkan bila menginjakan kaki di Pulau Dom. Tentunya yang utama adalah pemandangan alam, wisata alam laut, situs bersejarah peninggalan Belanda. tidak hanya itu saja, di Pulau Dom hampir separuh bangunan rumah masih mempertahankan arsitektur jaman dahulu, seperti belanda, cina, eropa. 


Di Pulau Dom sendiri memiliki, kondisi masyarakat yang sudah membaur dari berbagai suku dan mereka sudah hidup, bersama sejak puluhan tahun yang lalu. Aktifitas sehari-hari masyarakat di Pulau Dom sangat beragam, ada yang sebagai nelayan, pedagang, tawar jasa, pegawai pemerintah.

PULAU PANJANG, FOTO DARI RK 6 DOM
Kondisi dan aktifitas lokal setempat sangat beragam, dan sudah berbaur dengan berbagai suku dan etnis yang mendiami Pulau ini, Sehingga aktifitasnyapun juga beragam, dengan masi tetap mempertahankan nilai-nilai / aturan lokal yang kuat.

Kalau sudah berada di Pulau Dom, pertanyaan yang akan datang kepada anda sebagai pengunjung adalah, tinggalnya di RK berapa? singkatan dari RK saya sendiri belum tau pasti tetapi pasti tidak akan jauh dari "Rukun Keluarga" di Pulau Dom sendiri ada terbagi menjadi 6 (enam) RK.

Pulau Dom terkenal karena transportasi yang digunakan di dalam lingkungan pulau adalah menggunakan becak sepeda. dan transportasi ini sudah ada dari jaman dahulu kala.



KUBURAN RK 6 PULAU DOM
walaupun hanya secara singkat dan tidak terstruktur rapi, informasi yang dapat saya berikan, namun informasi ini kiranya dapat bermanfaat bagi anda yang mengunjungi dan sudah membaca artikel ini. Salam Dari Kami Penghuni Pulau Dom, RK 6 / Remaja Kuburan (REKUB).

Oleh: Rumbiak Janz Becker

Komentar