EKOTURISME PAPUA & DEVISA NASIONAL




    
    Saya menyederhanakan sedikit mengenai Ekoturisme menggunakan bahasa sehari-hari. Jadi Ekoturisme; Bagaiman orang lokal(Papua) dapat menatakelola sumberdaya alam yang ada dengan baik, sehingga mendatangkan nilai jual yang tinggi bagi wisatawan yang berkunjung, wisatawan yang berkunjung juga dapat berpeluang menjadi investor bagi perkembangan tempat wisata lokal tersebut. Ada satu hal yang Penting dalam Aturan Ekowisata “Jadi Ekowisata itu tidak merugikan warga lokal, alam sekitar, dan yang paling penting adalah wisatawan yang datang tidak hanya menikmati, tetapi juga ikut berperan dalam pengembangan warga lokal, dan pelestarian alam”.   
 
   Mengapa mengikut sertakan masyarakat dalam ekoturisme? Banyak alasan, di antaranya; meningkatkan moral, ekonomi dan obyektif lingkungan. Dari sudut pandang lingkungan dan ekonomi, jika masyarakat setempat (Papua) tidak diikutsertakan, mungkin, mungkin sumberdaya akan rusak dan investasi akan menghilang.


       Dari sudut pandang moral, lebih baik masyarakat setempat (Papua) mengelola garis hidupnya..!!! dari pada dipengaruhi oleh pihak luar, dalam tanda kutip “Barangkali salah satu jawaban bagi masalah pariwisata adalah munculnya partisipasi masyarakat tradisional dalam mempelajari, mendiskusikan, dan menyusun/membuat strategi untuk mengontrol atau juga memperoleh kontrol dalam proses pengambilan keputusan dalam pembangunan.

Komentar